Contoh
1
|
Mata Pelajaran :
Bahasa dan Sastra Indonesia
Kelas/Semester :
X/2
(genap)
Pertemuan Ke- : 1
(pertama), 2 x 45 menit
Alokasi Waktu : 2
jam pelajaran (2 x 45 menit)
Standar Kompetensi : Mampu
mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan dan perasaan
yang terdapat dalam
berbagai ragam tulisan nonsastra serta
menuliskannya dalam
berbagai bentuk paragraf (naratif, deskriptif,
eksposisi, dan
argumentatif)
Kompetensi Dasar : Menulis Surat Resmi.
Indikator : Dengan
ketekunan, ketelitian, rasa ingin tahu dan kerja
sama,
Siswa
dapat:
·
mengidentifikasi
struktur surat resmi
·
menentukan
komponen-komponen surat izin
·
menulis
surat izin tidak masuk sekolah dan tidak masuk kerja
·
menyunting
surat tulisan teman, dengan memperhatikan penggunaan EYD, diksi dan bahasa
I.
Tujuan Pembelajaran: Setelah mengidentifikasi surat resmi, dan
menentukan komponen
surat izin, siswa dapat membuat surat
izin tidak masuk sekolah
dan surat izin
tidak masuk kerja serta menyunting surat
yang
ditulis temannya. (nilai yang ditanamkan: ketekunan,
ketelitian,
rasa ingin tahu dan kerja sama).
II.
Materi Pokok : -
Surat Izin
-
Penggunaan kalimat
III. Metode Pembelajaran: Tanya jawab,
kerja kelompok, diskusi dan presentasi.
IV. Kegiatan Pembelajaran
Perte
muan
|
Kegiatan
|
Pendikar
|
Ke-1
|
A.
Pendahuluan
(10 menit)
1) Siswa
mencermati movie seorang siswa yang
diberi sanksi oleh wali kelas karena tidak masuk sekolah tanpa izin dan
seorang pegawai yang ditegur atasannya karena tidak masuk kerja tanpa izin yang ditayangkan
oleh guru melalui LCD.
2) Tanya jawab
menggali pengetahuan awal mengenai surat
izin dan manfaat surat izin dalam kehidupan.
3)
Menggali
pengetahuan awal siswa tentang struktur surat resmi.
4)
Guru menayangkan kompetensi yang akan dicapai.
5)
Siswa dikelompokkan
dengan anggota empat orang. Kelompok dirancang hiterogen: jenis
kealamin, kemampuannya dalam menulis, keaktifan dalam diskusi, kemampuannya
dalam mengaplikasikan komputer. Satu kelompok menghadapi 1 buah komputer.
1) Siswa
membaca/mencermati beberapa buah contoh surat resmi, beberapa di antaranya
surat izin tidak masuk ke sekolah dan surat izin tidak masuk ke kantor yang
telah dikopikan
ke dalam hardis komputer masing masing (off
line).
2) Siswa dalam
kelompok (empat orang) berdiskusi menemukan:
a.
struktur surat resmi berdasarkan
contoh-contoh tersebut.
b.
komponen-komponen surat izin (hasil diskusi
diketik pada lembar kerja yang telah disiapkan guru pada setiap komputer).
3) Antar kelompok
saling mengoreksi hasil diskusi tentang struktur surat resmi dan
komponen-komponen surat izin, dengan cara saling menukar flasdisc.
c.
Elaborasi
4) Dengan adu
cepat, tiap kelompok membuat surat izin tidak masuk sekolah dan surat izin
tidak masuk kerja diketik dalam komputer.
5) Tiap
kelompok secara bergiliran mempresentasikan hasil karyanya dengan cara
menghubungkan komputer
dengan LCD.
d.
Konfirmasi
6) Kelompok
lain memberikan tanggapan/masukan.
7) Antar
kelompok saling menyunting hasil kerja yang berupa surat izin tidak masuk
sekolah dan surat izin tidak masuk ke kantor, dengan memperhatikan penggunaan
EYD, diksi dan bahasa, dengan cara
saling menukar flasdisc.
8) Guru
memberi penguatan-penguatan dan pelurusan.
C. Penutup (10 menit)
1)
Guru bersama siswa melakukan refleksi
dengan menanyakan apa yang telah dipahami, bagian mana
yang belum dipahami, apa kesulitannya dan
bagaimana upaya yang akan dilakukan.
2)
Guru menjelaskan tugas-tugas pada pertemuan
berikutnya, yaitu membuat dua buah surat undangan dengan tema kegiatan yang
berbeda. Tugas ini dikerjakan secara
individu sebagai tugas mandiri tidak terstruktur (TM TT dikerjakan dalam waktu 45’)
|
Ketekunan, ketelitian, rasa ingin tahu
Kerja sama
Ketekunan, ketelitian,
Kerja sama
|
V.
Alat/Bahan/Sumber
·
Komputer, LCD
·
Surat resmi, beberapa diantaranya adalah
surat izin tidak masuk sekolah dan tidak masuk kerja
·
Lembar Kerja Siswa (semuanya telah dikopikan
ke dalam hardics komputer.
·
Buku Bahasa dan Sastra
Indonesia Kelas X.
VI. Penilaian
Indikator
|
Teknik
|
Bentuk
|
Instrumen
|
Mengidentifikasi struktur surat resmi
|
Tes
|
Tes Lisan
|
Berdasarkan contoh-contoh surat resmi yang ada, tentukan struktur surat resmi.
|
Menentukan
komponen-komponen surat izin
|
Tes Lisan
|
Berdasarkan
contoh-contoh surat izin yang ada, tentukan komponen surat izin
|
|
Menulis surat izin tidak masuk sekolah dan tidak
masuk kerja
|
Kinerja (Praktik menulis)
|
Tulislah surat izin
tidak masuk sekolah dan tidak masuk kerja
|
|
Menyunting surat tulisan teman, dengan memperhatikan penggunaan EYD,
diksi dan bahasa
|
Penu-
gasan
|
Produk
|
Suntinglah surat tulisan teman, dengan memperhatikan penggunaan
EYD, diksi dan bahasa
|
..........................................
Mengetahui Guru,
Kepala Sekolah,
…………………………. ……………………………
Titanium Athletics, LLC - TITANIA - International Sports
BalasHapusTITANIA is a recognized global sports and fitness and 2016 ford fusion energi titanium wellness group and babyliss titanium flat iron the womens titanium wedding bands leading titanium jewelry for piercings leader in athletic excellence, babyliss pro nano titanium straightener performance,